Halloween party ideas 2015


Hallo reader ...


Planet bumi kita ini, lebih dari 70% permukaannya terisi oleh air, dan sekitar 95-97,5% airnya adalah air asin, dan sisanya 5-2,5% nya adalah air tawar yang dapat kita konsumsi. Lautlah yang banyak menyumbang ketersediaan air asin. Tapi, pernahkah kamu berfikir kenapa air laut itu terasa asin ??? Apakah gara-gara si Nemo dan ayahnya berkeringat karena nyari si Dory di lautan yang luas (Finding Dory : 2016) ??? Pertanyaan ini ditanyakan oleh Anounymous di akun Ask.fm kami :


Awal mula kenapa air laut terasa asin adalah gara-gara turunnya hujan. Tapi kenapa hujan airnya gak asin ??? Bukan itu yang kita cari. Singkatnya, air hujan yang turun pada permukaan bumi, tentunya menabak berbagai macam elemen bumi, seperti bebatuan, pasir, tanah dan lain-lain. Nah, kemudian air hujan tersebut ternyata melarutkan dan menghancurkan berbagai macam mineral (kalium, kalsium, natrium, dll). Kemudian air hujan tersebut terbawa oleh sungai yang juga banyak membawa mineral tanah. Setelah akhirnya bermuara, berkumpullah mineral-mineral tersebut di lautan.

Nah ketika terjadinya proses penguapan pada air laut, mineral-mineral pada air laut tidak ikut menguap. Sedangkan air laut akan menguap, menjadi awan, menerjang bebatuan, dan kemudian akan mengulangi proses demikian selama jutaan tahun lamanya, hingga saat ini. Karena ada penumpukkan mineral bumi yang sangat banyak (termasuk NaCl atau Natrium Klorida yaitu Garam Dapur), maka hal ini lah yang membuat air laut terasa asin. So, ini bukan karena keringat si Nemo dan ayahnya yang sedang mencari si Dory dalam sekuel film Disney terbaru Finding Dory. Ihh jadi pengen nonton :v

Tapi kenapa kita enggak ngolah air laut aja, supaya bisa diminum ? Banyak sekali kendalanya. Pengolahan air laut itu sendiri masih membutuhkan banyak sekali anggaran ditakutkan terjadi lagi korupsi gara-gara ngolah air laut. Selain itu, alat pengolahnya pun sering kali tersumbat gara-gara si Dory dan alga menyumbat penyaringan, hal ini membuat proses pengolahan semakin ribet dan rumet, lagi-lagi membutuhkan energi dan duit yang banyak. Namun kita mendapat untung, kita malah diberi garam yang banyak, buktinya banyak pertambangan dan tambak garam di Indonesia. Akhirnya Indonesia menjadi produsen garam dapur yang besar.

Jadi, selamat merasakan asinnya air laut dan selamat menonton Finding Dory.

Post a Comment

Powered by Blogger.